TERKINI

Sabtu, 13 Desember 2014

Ribuan BMI Cirebon Banyak Dipulangkan Dari Timur Tengah

Ribuan BMI Cirebon Banyak Dipulangkan Dari Timur Tengah
Ribuan BMI yang terlantar di Arab Saudi, dok.photo: istimewa
DPCSBMIKABUPATENCIREBON, ARAB SAUDI Ribuan Buruh Migran Indonesia (BMI) atau disebut TKI (Tenaga Kerja Indonesia asal Kabupaten Cirebon yang ditempatkan di berbagai negara penempatan Timur Tengah menghadapi banyak masalah. Umumnya mereka dipulangkan karena gaji tidak dibayar, depresi, menjadi korban kekerasan dan pelecehan seksual.

Yang memprihatinkan, bahkan banyak diantara mereka yang meninggal dunia. Banyaknya kasus yang menimpa buruh migran tersebut membuat Kabupaten Cirebon menempati urutan kedua jumlah BMI yang menghadapi masalah kerja di Jawa Barat setelah Kabupaten Indramayu.

“Jawa Barat merupakan provinsi tertinggi yang BMI/TKI mendapat masalah di luar negeri secara nasional dengan total pemulangan 10.890 TKI bermasalah, disusul Jateng 2.599 orang,Jatim 1.140 orang, NTB 1.067 orang, dan Lampung 951 orang (data tahun 2011). Ribuan BMI/TKI asal Kabupaten Cirebon yang bermasalah hingga akhir tahun 2014 ini jumlahnya relatif tetap cukup besar," jelas Taspin Ketua DPC SBMI Kabupaten Cirebon. 

Posting Komentar

 
Back To Top